Iklan


GEOKEPRI
Kamis, 15 Desember 2022, Desember 15, 2022 WIB
Last Updated 2022-12-15T01:32:33Z
BatamImigrasi BatamNews

Imigrasi Batam Akselerasi Roda Ekonomi Negara melalui Kebijkan e-VoA

Advertisement


BATAM|Dengan adanya kebijakan pemberian Visa Kunjungan Saat Kedatangan (Visa On Arrival) memberikan dampak positif terhadap peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).



Hal tersebut terlihat di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Batam Center dengan jumlah pembelian Visa On Arrival sejak awal tahun hingga kini yang telah mencapai 38.595. Dengan kata lain Imigrasi Batam telah memberikan kontribusi untuk penerimaan Negara sebesar Rp. 19.297.500.000,-




Selain memberikan peningkatan pada PNBP, kebijakan Visa On Arrival dapat memicu peningkatan pariwisata yang memberikan efek domino yang positif bagi Masyarakat.


Tepat pada event G-20 lalu, Direktorat Jenderal Imigrasi meluncurkan inovasi berupa Elektronic Visa On Arrival (E-Voa), untuk memudahkan investasi dan akses wisatawan Mancanegara yang akan berkunjung ke Indonesia.




Saat ini ada 86 Negara yang dapat melakukan pembelian Visa On Arrival baik pada saat kedatangan atau melalui fasilitas E-VOA. Adanya peluncuran E-VOA diharapkan akan lebih meningkatkan PNBP yang berjalan seiring dengan peningkatan Ekonomi Masyarakat.


WNA dapat melakukan permohonan VOA melalui website molina.imgirasi.go.id. Setelah itu, mereka bisa melakukan pembayaran secara online menggunakan kartu kredit atau debit berlogo visa, mastercard, atau JCB.




Jika telah melakukan pembayaran, permohonan e-Voa akan diverifikasi oleh petugas dan jika disetujui maka dikirimkan kepada orang asing melalui aplikasi. Selanjutnya, mereka cukup mengunduh e-VoA yang telah disetujui dan menunjukkannya kepada petugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi.




Dengan hal ini, WNA tidak perlu mengantre lagi di loket pembayaran VoA. Sejalan untuk mendukung berjalannya program ini, Imigrasi Batam pun menyediakan jalur prioritas kepada WNA yang menggunakan VOA.


(Rls)