GEOKEPRI
Sabtu, 11 Februari 2023, Februari 11, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-11T11:01:59Z
BatamNews

Tambak Udang di Pulau Galang Batam Diduga Tidak Memiliki Izin



Foto Tambak Udang di pulau galang Batam, provinsi kepulauan Riau 


BATAM| Lokasi Tambak Udang Yang Berada Di pulau Galang Batam Provinsi Kepulauan Riau Sudah Seharunya pihak dinas lingkungan hidup (DLH) dan begitu juga kepolisian mengusut keberadaan tambak udang yang berlokasi di pulau galang Provinsi Kepulauan Riau.


Karena sesuai amanat Undang-undang usaha tambak udang, harus memenuhi persyaratan Mulai dari Undang-Undang (UU) nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan yang telah diubah menjadi UU Nomor 45 Tahun 2009 dan Peraturan Menteri KP No 49 Tahun 2014.



Terlihat jelas plang perusahaan tambang udang tidak terpasang di lokasi, hanya plang insitusi negara bertuliskan ketahanan pangan.

Foto plang insitusi negara 


Ketika media ini mendatangi lokasi, salah satu kariyawan tambang udang tersebut kariyawan memberikan nomor kontak kepada awak media ini,dan media ini mempertanyakan kejelasa izin tambang udang tersebut,jawapan orang kepercayaan tambang mengatakan bahwa izin nya sudah lengkap dan berjanji menunjukkan, tetapi selang berapa hari media ini mengkonfirmasi melalu chat WhatsApp tidak ada balasan.


Media Geokepri mempertanyakan izinya Karena Perizinan bagi pelaku usaha tambak udang merupakan kewajiban yang harus dipenuhi agar pelaku usaha tambak udang memiliki standar budidaya yang baik yang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam.


Patut diduga usaha tambak udang dilokasi Pulau Galang ini diduga tidak memiliki tempat pengolahan limbah, sehingga takut menyebabkan pencemaran lingkungan baik perairan maupun udara disekitar lokasi tambak udang.belum lagi aktivitas pemotongan lahan diduga juga tidak memiliki izin dan pohon mangrove tertimbun akibat pembangunan tambang udang dan air dari tambak udang dibuang ke laut.


 untuk itu agar pihak penegak hukum dan dinas lingkungan hidup (DLH) segera mengusut keberadaan tambak udang tersebut, sebelum memperparah kerusakan lingkungan di pulau galang Batam Provinsi Kepulauan Riau.


Tonton videonya di bawah ini: